Entri Populer

Rabu, 17 Oktober 2012

Akhlak Pada Kedua Orang Tua

Materi
Internalisasi Nilai Al Quran Dalam Kehidupan Sehari-hari
“Akhlak Kepada kedua Orang Tua”

Al Quran merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman dan petunjuk dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. Oleh karena itu di dalamnya terdapat berbagai hukum, peraturan, adab, ibadah dan lain sebagainya. bahkan semua urusan telah di atur dalam Al Quran baik itu urusan dunia maupun urusan akhirat.
Salah satu urusan yang diperhatikan dalam Al Quran yaitu masalah akhlak kepada orang tua. Taat kepada orang tua menempati urutan setelah taat kepada Allah dan Rasul-Nya.


Ada beberapa ayat Al Quran yang berhubungan dengan akhlak kepada orang tua:
1.      QS. Luqman : 14-15

14. dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
15. dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS. Luqman: 14 – 15)



2.      QS. Al Ankabut: 8
Artinya:
dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu- bapaknya. dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya. hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

3.      QS. Al Isra’ : 23-24
 Artinya:
23. dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia.
24. dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".




KENAPA HARUS BERBAKTI PADA ORANG TUA??
1.      Berbakti kepada orang tua merupakan perintah/ kewajiban
Sesuai dengan ayat-ayat di atas bahwa Allah telah memerintahkan kita (manusia) untuk berbuat baik atau berbakti kepada orang tua. Sebagai umat muslim yang baik, tentunya kita harus menaati perintah-perintah dari Allah SWT. Hal ini penting karena menjalankan perintah-Nya merupakan salah satu indikator seorang muslim dalam bertaqwa kepada Allah SWT.
2.      Orang tua (ibu) telah mengandung dan menyusui
Dari ketiga ayat di atas penyebutan ibu lebih didahulukan karena ia telah bersusah payah mengandung dan menjaga kandungannya agar bayi yang tidak lain adalah kita selalu sehat dan mendapatkan gizi yang cukup.
Tidak cukup sampai di situ, ibu telah menyusui bayinya agar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Proses penyusuan pun tidak sebentar, paling tidak 2 tahun ia menyusui bayinya kemudian setelah itu baru ia menyapih bayinya.
3.      Orang tua telah memberikan cinta dan kasih sayangnya
Semua orang tua pasti menginginkan anaknya dapat tumbuh dengan sehat. Untuk itu mereka berupaya sekuat tenaga untuk memberikan seluruh kasih sayangnya kepada kita. Bahkan apabila kita dimarahi, sebenarnya itu merupakan bentuk kasih sayangnya kepada kita agar kita tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.
4.      Orang tua telah menafkahi kita
Bayangkan apabila orang tua sudah tidak mau memberikan nafkah kepada kita. Apakahkita masih bisa jajan? Apakah kita masih bisa sekolah? Hura-hura ke sana-kemari? Bukankah uang dan harta yang kota gunakan itu semua dari oang tua kita?
Ayah kita bekerja siang malam hanya untuk keperluan kita. Bahkan rela pinjam sana-pinjam sini hanya untuk kebutuhan kita. Sudah sepantasnya kita membalas kebaikan orang tua kita denga berbakti kepada mereka.
Itu semua merupakan sedikit dari pengorbanan orang tua kepada kita. Masih banyak alasan-alasan kenapa kita harus berbakti kepada orang tua.






ADAB TERHADAP ORANG TUA
Dalam Al Quran telah disebutkan beberapa hal penting mengenai adab terhadap kedua orang tua. Adab terhadap orang tua dapat kita kemukakan sebagai berikut:
1.      Berterima kasih kepada keduanya
Hal ini sesuai dengan ayat 14 QS. Luqman yang menyebutkan bahwa kita harus bersyukur kepada Allah dan bersyukur kepada kedua orang tua.
2.      Mentaati perintahnya selama tidak bertentang dengan Islam.
Yang dimaksud adalah kita wajib menaati segala perintahnya selama perintah tersebut tidak untuk menyekutukan Allah. Hal ini juga berarti meskipun orang tua kita beragama selain Islam, kita masih wajib untuk mentaati perintahnya dalam urusan keduniaan dan bukan urusan aqidah.  Dan juga kita masih tetap wajib untuk berbuat baik kepadanya.
3.      Berkata baik, merendahkan suara dan tidak boleh membentak
Dalam Surat Isra’: 23 sudah jelas  dikatakan bahwa kita harus merendahkan suara dan tidak boleh membentaknya. Bahkan berkata “ah” sebagai bentuk penolakan ataupun kekecewaan pun tidak boleh dilakukan. Jangan sampai orang tua kita sakit hatinya karena kita tidak memberikan apresiasi kepada mereka.
4.      Selalu mendoakan keduanya
Hal ini sesuai dengan Surat Al Isra’ ayat 24 yang menyuruh kita untuk selalu mendoakan keduanya. Berdoa dapat kita lakukan dimana saja terutama pada waktu sehabis shalat. Sehabis shalat janganlah terburu-buru meninggalkan masjid. Diamlah sebentar dan beristighfar meminta ampun atas dosa-dosa selama ini dan doakanlah kedua orangtua kita agar mereka selalu mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar