Entri Populer

Kamis, 01 Maret 2012

Manajemen Pendidikan


Mengapa lembaga pendidikan perlu dimanajemenkan?
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut maka perlu diketahui terlebih dahulu definisi dan hal-hal yang terkait mengenai lembaga pendidikan dan manajemen itu sendiri.
A. Definisi Lembaga Pendidikan
            Lembaga pendidikan yaitu suatu lembaga penyelenggara pendidikan. Adapun tujuan lembaga pendidikan adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyaraat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, memperkya khanazah ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

            Lembaga pendidikan dapat juga dikatakan sebagai organisasi yang menjadi bagian dari sistem sosial. Sehingga dalam organisasi tersebut ada beberapa unsur dan struktur organisasi.
Salah satu lembaga pendidikan adalah sekolah yang terdiri dari unsur seperti kepala sekolah, guru, murid, karyawan dan lingkungan. Unsur-unsur tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain.

B. Definisi Manajemen
Manajemen yaitu suatu proses yang khas terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, pengawasan serta evaluasi yang dilakukan pihak pengelola organisasi untuk mencapai tujuan bersama dengan memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
Dari pengertian di atas setidaknya ada lima kegiatan dalam manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pergerakan pengawasan serta evaluasi, yang mana kegiatan tersebut dilakukan oleh organisasi guna mencapai tujuan. Sehingga manajemen pendidikan dapat diartikan sebagai berikut :
Manajemen pendidikan yaitu sekumpulan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, pengawasan dan evaluasi yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi pendidikan dengan memberdayakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
Dari beberapa pengertian tersebut dapat dilihat bahwa manajemen dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan mengelola suatu organisasi agar tercapai tujuannya. Pengelolaan tersebut dapat memanfaatkan beberapa sumber daya yang dimiliki.

C. Lembaga Pendidikan dan Manajemen
            Sesuai dengan pengertian di atas bahwa lembaga pendidikan juga merupakan organisasi yang mempunyai visi dan misi serta tujuan-tujuan tertentu, sehingga perlu adanya suatu pengelolaan yang baik. Hal ini dilakukan agar tujuan-tujuan yang dicanangkan dapat tercapai. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut maka lembaga pendidikan perlu memiliki suatu manajemen tersendiri. Manajemen tersebut adalah manajemen pendidikan yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, pengawasan dan evaluasi pendidikan.
            Manajemen diperlukan juga guna memecahkan berbagai permasalahan yang kemungkinan timbul seiring berjalannya waktu. Untuk itulah sekarang ini lembaga pendidikan terutama sekolah telah dikembangkan suatu manajemen yang berlandaskan pada sekolah tersebut. Adapun manajemen tersebut dikenal dengan Manajemen Berbasis Sekolah.
Manajemen Berbasis Sekolah bertujuan agar sekolah dapat mandiri dan inisiatif dalam mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia. Dengan Manajemen Berbasis Sekolah diharapkan lembaga pendidikan tersebut dapat meningkatkan mutu pendidikan dan dapat bersaing secara kompetitif dengan lembaga pendidikan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar